Regionalisme Amerika Latin: Mercosur

Posted: October 23, 2012 in International Relations
Tags: , , ,

Mercosur adalah blok perdagangan di Amerika Selatan. Mercosur, atau the Common Market of the South atau the Southern Common Market, dibentuk dengan tujuan untuk memudahkan pergerakan barang, jasa, modal, dan manusia di antara negara-negara anggotanya. Negara anggota Mercosur adalah Brazil, Argentina, Paraguay, dan Uruguay.

Sejarah Pembentukan

Pada tahun 1960, diadakan perjanjian yang akhirnya menghasilkan the Latin American Free Trade Association (ALALC). Tujuannya adalah untuk menciptakan area perdagangan bebas di Amerika Latin dengan cara negosiasi secara periodik dan selektif. Walaupun hasil dari perdagangan bebas tersebut jauh dari yang diharapkan, tetapi pada tahun-tahun berikutnya program perdagangan ALALC mengalami perkembangan yang pesat.

Pada tahun 1980, ALALC digantikan dengan the Latin American Integration Association (ALADI). ALADI menggunakan cara yang berbeda dengan ALALC. ALALC menggunakan cara perdagangan bebas untuk mencapai integrasi Amerika Latin, sedangkan ALADI menciptakan kesepakatan dan tindakan bersama negara-negara di kawasan Amerika Selatan. Tujuan jangka panjangnya adalah menciptakan common market di Amerika Selatan.

Di bawah sistem ALADI, Brazil dan Argentina menandatangani 12 protokol komersial pada tahun 1986. Ini merupakan langkah konkret pertama kedua negara dalam meningkatkan kerjasama bilateral yang sudah dimulai pada tahun 1985 melalui the Declaration of Iguacu. Untuk meningkatkan kerjasama sebelumnya, pada tahun 1988, Brazil dan Argentina menandatangani Treaty for Integration, Cooperation and Development yang meletakkan dasar bagi common market kedua negara selama tahun-tahun berikutnya. Hal ini terlihat dari eliminasi semua hambatan tarif dan adanya harmonisasi kebijakan makroekonomi kedua negara.

Pada tahun 1991, ditandatangani perjanjian baru, the Treaty of Asuncion, yang turut melibatkan Paraguay dan Uruguay. Perjanjian tersebut seperti menyediakan terciptanya common market di antara keempat negara yang berpartisipasi, yang kemudian dikenal dengan Mercosur. Kemudian, the Treaty of Ouro Preto pada tahun 1994 memberi Mercosur status internasional yang lebih luas dan diformalisasikan ke dalam Custom Union. Negara-negara Amerika Latin lain yang ingin bergabung adalah Bolivia, Chili, Venezuela, Kolombia, dan Peru. Namun demikian, masih ada beberapa hal yang ternyata menghambat penggabungan negara-negara tersebut.

Mercosur

Struktur Mercosur terdiri dari dua badan yaitu Common Market Council yang bertugas membuat kebijakan dan Common Market Group yang bertugas mengimplementasikan kebijakan dan memonitor keputusan Dewan. Mercosur memiliki beberapa tujuan, di antaranya:

  • Membebaskan pergerakan barang-barang produksi, jasa, dan faktor-faktor lain di antara negara anggota.
  • Menetapkan Common External Tariff (TEC) dan mengadopsi kebijakan perdagangan bersama dengan negara-negara nonanggota.
  • Koordinasi makroekonomi dan kebijakan sektorial negara anggota mengenai perdagangan luar negeri, agrikultur, industry, pajak, sistem moneter, pertukaran modal, dan sebagainya.
  • Komitmen negara-negara anggota untuk membuat penyesuaian hukum di dalam kawasan untuk menguatkan proses integrasi.

Negara anggota penuh Mercosur hanya empat yaitu Brazil, Argentina, Paraguay, dan Uruguay. Negara yang masih dalam proses ratifikasi keanggotaan adalah Venezuela. Negara yang menjadi anggota asosiasi adalah Bolivia, Chili, Kolombia, Ekuador, Peru. Negara asosiasi ini dapat bergabung di perjanjian perdagangan bebas tapi tetap berada di luar blok Custom Union.

Isu yang Berkembang

Dengan bergabung pada organisasi regional yang sama, bukan berarti negara-negara Mercosur lepas dari konflik antarnegara. Argentina dan Brazil pernah terlibat dalam krisis ketika industri mobil Brazil berkembang karena devaluasi mata uang di negaranya pada tahun 1999. Argentina memberikan respon berupa menerapkan tarif kepada impor besi Brazil. Krisis dua negara ini berakhir pada tahun 2000 ketika dua negara sepakat menandatangani perjanjian. Argentina dan Uruguay juga pernah terlibat dalam konflik karena pembangunan di perbatasan kedua negara di mana Argentina merasa dirugikan. Paraguay dan Uruguay, dua negara anggota terkecil dari Mercosur (bukan dalam hal fisik), pernah mengajukan protes karena mendapatkan akses terbatas untuk memasuki pasar Brazil dan Argentina. Kedua negara itu bahkan mengadakan kerjasama perdagangan bilateral sendiri di luar Mercosur.

Mercosur sepertinya tidak lagi hanya menjadi organisasi ekonomi atau perdagangan bebas, tapi juga sudah menjadi organisasi politik, atau lebih tepatnya dipolitisi. Para pemimpin Mercosur menolak kebijakan pasar bebas Amerika Serikat yang ingin menciptakan Free Trade Area of the Americas. Mercosur juga lebih memilih untuk bekerjasama dengan Uni Eropa, di mana saat ini Uni Eropa menjadi partner terpenting bagi Mercosur. Hal ini tentu berkenaan dengan asumsi beberapa pengamat bahwa Uni Eropa bisa dikatakan menjadi ancaman baru bagi Amerika Serikat.

Daftar Pustaka

BBC News. Profile: Mercosur – Common Market of the South. 18 September 2008. [Diakses 10 Juni 2009] <http://news.bbc.co.uk/1/hi/world/americas/5195834.stm&gt;

European Commission External Relations. Mercosur – (common market of the south). 18 Mei 2009. [Diakses 10 Juni 2009] <http://ec.europa.eu/external_relations/mercosur/index_en.htm&gt;

Southern Common Market, MERCOSUR. [Diakses 10 Juni 2009] <http://www.itcilo.it/english/actrav/telearn/global/ilo/blokit/mercosur.htm&gt;

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s